Luna Lovegood inside. Noda Megumi outside.

Minggu, 20 November 2016

CUMA

Pernah nggak kita mendengar kata-kata ini "Ya ampun, padahal aku cuma minta tolong gitu doang lho, tapi dia nggak mau nolongin. Padahal aku nggak minta uang lho."
Atau pernah dengar yang begini: "Aku cuma minjem uang sedikit doang lho, tapi dia pelit banget nggak mau minjemin. Aku kan nggak minta, cuma minjem, pasti dibalikin"
Padahal mungkin, orang yang kita mintai tolong bukannya tidak mau menolong. Hanya saja, yang kita minta tidak sesuai dengan kemampuannya untuk menolong.
Bagi orang yang tidak punya banyak waktu/ tenaga, maka dimintai bantuan uang justru lebih mudah drpd dimintai bantuan tenaga. Di sisi lain, bagi orang yang tidak punya kelebihan uang, akan lebih senang hati jika bisa membantu dengan tenaga dan waktunya.
Maka bagaimanapun, rasanya penting untuk menyadari bahwa berat/ ringannya suatu urusan tidak sama bagi semua orang. Orang yang dekat dengan kita pasti akan dengan senang hati membantu kita. Maka jika ia tidak bisa membantu, itu pasti bukan karena tidak mau membantu, tapi karena bantuan yang kita butuhkan tidak sesuai dengan bantuan yang bisa dia berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar