Luna Lovegood inside. Noda Megumi outside.

Minggu, 20 November 2016

MANFAAT ILMU

Siswa malas mempelajari sesuatu biasanya krn mereka tdk memahami manfaat dr ilmu tersebut. Maka, sblm mulai menyampaikan suatu pelajaran, ada baiknya para guru menyampaikan manfaat dr materi yg diajarkan tsb untuk kehidupan sehari-hari.

Misal, sebelum mengajar materi "kecepatan dan percepatan" untuk pelajaran fisika, ada baiknya guru menyampaikan bahwa materi tsb penting untuk dipelajari karena materi tsb akan bermanfaat di masa mendatang untuk:
1. Memperkirakan waktu perjalanan ke rumah pacar, supaya nggak telat ngapel (kalo telat ng-apel, nanti di-anggur-in lho)
2. Memperkirakan waktu perjalanan di Jakarta (termasuk faktor perlambatan akibat macet), spy nggak ada lagi alasan "maaf terlambat, krn macet" (ya kan jakarta emang macet tiap hari. Maka alasan terlambat krn macet itu sama anehnya dgn alasan "maaf laper, krn blm makan"). Dgn perkiraan tsb, siswa bs memutuskan moda transportasi apa yg dpt dipilih (dg mempertimbangkan kerentanannya thd faktor perlambatan). Setelah dewasa kelak, siswa tersebut dapat memutuskan apakah hrs membeli motor/ mobil untuk berpergian (atau langganan gojek dan kereta), dgn berbagai pertimbangannya.
3. Akan lebih waspada kl ditanya calon mertua "td dr rumah jam brp?", krn pertanyaan itu sbnrnya berarti "kamu berkendara dg kecepatan brp? Apakah anak saya aman kl berpergian sm kamu?"

Jadi, sebelum dosen menyampaikan materi tentang emulsi, maka mungkin mahasiswa jd akan lebih tertarik mempelajarinya jika dosen menyampaikan bahwa dg mempelajari emulsi, di masa mendatang mahasiswa tidak akan lagi berpikir sempit bahwa dua orang (pemikiran) yg sangat berbeda tidak bisa bersama/ berdampingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar