Luna Lovegood inside. Noda Megumi outside.

Minggu, 20 November 2016

Menyatakan Pendapat

Kmrn seorang teman bertanya "Apa gunanya menyatakan pendapat kalau toh pendapat kita tdk akan mengubah kebijakan"
Tujuan dr menyatakan pendapat bukan hanya untuk mengubah kebijakan. Itu adalah tujuan akhir, memang. Tapi bukan tujuan utama.
Tujuan utama dr menyatakan pendapat adl untuk membuat orang lain tahu ttg pendapat kita, membuat orang lain tahu bhw kita mendukung/ menolak, membuat orang lain tahu bahwa apa yg kita anggap benar/salah.
Jika kita tahu bhw ada yg salah tapi kita diam saja, maka bisa jadi suatu saat nanti kesalahan tsb dianggap sbg suatu yg biasa, atau bahkan suatu yg benar.
Tujuan utama dr mengemukakan pendapat adl untuk didengarkan. Apakah pendapat kita diterima/ ditolak, itu perkara lain. Kita toh tdk bs memaksakan pendapat kita kpd orang lain.

Namun demikian, spt yg kita tahu, kebaikan yg disampaikan dg cara yg salah, akan dianggap suatu keburukan, maka diperlukan cara2 yg baik dlm mengemukakan pendapat. Seperti halnya kita tdk suka dg peraturan baik hny krn disampaikan dg kasar, maka kita jg tdk boleh mengemukakan pendapat yg baik dg cara yg kasar dan buruk.
Maka bagi yg ingin menyatakan pendapat, jagalah niat, jagalah adab2 yg baik dlm mengemukakan pendapat, dan waspada pada bisikan2 yg dpt mengalihkan niat awal untuk menyatakan kebenaran.
Bagi yg blm kuat untuk menyatakan pendapat (krn takut berbeda dg pendapat kebanyakan), berdoalah, dan jgn melemahkan.
Bagi yg tdk sependapat, sah2 saja untuk menyatakan pendapatnya yg berbeda juga.


#AksiDamai411

Tidak ada komentar:

Posting Komentar