Luna Lovegood inside. Noda Megumi outside.

Senin, 13 September 2010

Apresiasi : Mengapa berdiam di tempat yg tak menghargaimu?

Ini note terinspirasi oleh cerita temen gw. Jd agak2 membuat gw berpikir =) (secara slma ini gw jarang mikir, hehehe).

Begini ceritanya. Alkisah suatu waktu dia sbg seorang fresh grad bekerja di suatu perusahaan. Setahun kemudian, seorang fresh grad lain masuk. Mereka dalam posisi selevel. Setahun kemudian, si anak baru itu dipromosikan mjd Spv (notabene jd atasannya temen gw yg lebih senior dr dia).

Wajar aja kalo temen gw jd kecewa & marah. Gw sendiri juga mungkin akan begitu.
Lalu secara otomatis, si teman itu jadi berprasangka pada si anak baru. Apakah benar si anak baru dipromosikan krn kinerjanya? Krn si teman itu tidak melihat ada yg istimewa pada si anak baru shg layak dipromosikan. Mnr si teman, dia bahkan lbh baik drpd si anak baru.


Well,, mari berbagi. Di dunia kerja, bukankah hal yg spt ini srg kita temui? Sangat dekat dengan kehidupan kantor kita sehari2. Gw sendiri bahkan pernah mjd korban prasangka spt itu. Gw pernah dgr gosip bhw gw bisa kerja di kantor gw krn gw dekat dgn petinggi di situ (deket dilihat drmana sbnrnya?),,, ada yg bilang bhw gw bisa krja dstu krn KKN, krn gw adiknya bos gw, scra muka gw mirip bgt ma beliau (kl gosip yg ini si sbnrnya ga serius, guyon doang, hehehe,,, gw malah seneng digosipin bahwa gw adalah adiknya si bos, hohoho).

Ada lagi temen gw yg digosipin bisa kerja di kantornya krn tantenya krja dstu. Padahal tantenya juga kerja dmnaaa gitu. Ndilalahnya, itu gosip salah sasaran,,,, orang lainlah yg KKN itu, tp temen gw itu yg digosipin gitu.
Tp kalo dipikir2 lg, emang sbnrnya knp kalo kerja di suatu tempat krn dipromosikan sama keluarganya? Kalo emang pada akhirnya kinerjanya memang baik, why not? Beda kasus dg oknum hasil KKN yg sebenernya ga berguna, dan benar2 krja dstu hnya krn KKN.


Oke, balik ke topik awal ttg si temen gw & si anak baru itu. Secara gw jg pernah jadi korban gosip & prasangka, maka gw mencoba berpikir dr sudut pandang berbeda.
Gimana kalo sbnrnya si anak baru emang punya potensi lebih? Bukankah jadi supervisor itu bukan krn sekdar pintar? tp juga dibutuhkan jiwa kepemimpinan.


Tapi gmn kalo dugaan si teman betul? Bahwa si anak baru dipromosikan bukan krn pertimbangan profesinalitas tp krn alasan pribadi? Bukan krn si anak baru pny kinerja yg bagus, tp krn si anak baru pintar bergaul & pintar mendekati si bos?


Bagaimana kalo ada anak baru yg notabene junior kita, tp posisinya lbh tinggi dari kita? pdhl kita sdh bekerja lama di kantor itu? mengapa loyalitas kita tidak dipertimbangkan? Ini adalah salah satu contoh kasus lainnya.
Lagi2, cobalah berprasangka baik meski itu teramat susah.


Dan kalau berprasangka baikpun sdh tidak mungkin, krn bagaimanapun dipikir, scr logika kamu merasa lbh baik drpd si anak baru,,, lalu knpa hanya mengeluh?


Sbnrnya keluhan di tempat kerja bukan hanya terbatas pada rekan kerja. Pada pekerjaan yg banyak yg tidak sesuai dgn gaji yg diharapkan misalnya?
Dan lagi2 gw bertanya2 pada diri gw sndi,,, knpa hanya mengeluh?
Melangkahlah dg lebih konkrit drpda skdr kata2.
Berbuatlah dengan tindakan.

1. Tunjukkan bahwa kinerja lo bagus, shg layak dihargai lebih (entah dlm bentuk promosi, maupun kenaikan gaji).
2. Kalo kinerja lo skrg memang blm bagus, berusahalah memantaskan diri u/ menjadi orang yg pantas dihargai lebih (ini naehat ala Mario teguh)
3. Kalau dengan kedua cara itu tidak berhasil juga,,, berdoalah. Krn rejeki itu hnya melalui perantara manusia,,, tp kan sbnrnya rejeki itu dari Allah. Mintalah pada Allah spy kamu dihargai lebih.
4. Selain berdoa,,, lakukan tindakan konkrit. Knpa berdiam di tempat yg ga menghargaimu & hnya bisa mengeluh? Pindah kerja dong kalo lo yakin bhwa kinerja lo pantas dihargai lebih dan bahwa kinerja lo memang akan dihargai lebih di tempat lain. Mengeluh itu manusiawi,,, tp sll mengeluh tanpa berubah itu menandakan kelemahan. Mungkinkah lo emang ga yakin bahwa kinerja lo cukup baik untuk dihargai lebih, shg lo ga berani pindah? Kalo lo yakin bhwa lo memang lbh baik dr yg mereka kira, pindah dong,,, buat kantor lama lo merasa kehilangan seseorang dengan kualitas sebaik lo krn mereka ga menghargai lo dg pantas.


Maka beralihlah
Meraih mimpi
Bagai lelah tak bertepi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar