Luna Lovegood inside. Noda Megumi outside.

Senin, 13 September 2010

Pelajaran Moral no. 3 : Do not believe in anyone.

Do not believe in anyone,, just believe in Allah.
Ni kata2 kesannya kok rada religi, tapi rada nyeleneh ya?
Tapi percaya deh,,, ini adalah kata2 sakti yg harus kita pelajari.

Kenapa kita ga boleh percaya pada siapapun?
1. Karena orang yg kita percaya, mungkin saja ga bisa dipercaya.
2. Karena kalaupun dia orang yg bisa menjaga rahasia, mungkin saja suatu saat kita berkonflik dengan orang itu,,, dan karena orang itu lg kesal, dia malah membocorkan rahasia yg kita percayakan kpdnya.
3. Karena tll mempercayai orang akan membuat kita lengah.

Prinsip ini patut diterapkan di dunia kerja. Terutama buat gw yg bekerja sbg QA Inspector, haram hukumnya mempercayai siapapun. Gw justru harus berprinsip ga percaya pada apapun yg dikatakan orang kecuali gw melihat bukti tertulis (Ingat kata pak Marno pas kita kuliah AnFar: Prinsip GMP adalah "Tulis semua yg kamu lakukan & lakukan semua yg tertulis). Hahahaa... Ribet banget ga si ni kerjaan gw, sementara gw sebenernya orang yg simple. Gara2 prinsip baru hidup gw inilah yg bikin gw dimusuhin orang2 produksi. hehehe.

Hukum ini terutama perlu diterapkan di dunia kerja, dan bukannya di dunia pertemanan.
Tapi gimana dgn teman2 kita di dunia kerja?

Oke, gw udah mengamati banyak teman2 sekerja gw slma 1 thn ini. Dan percaya deh,,, lo ga pernah bisa bener2 mempercayai seseorang di dunia kerja. Gw melihat banyak orang yg saling memuji di depan temannya, tapi saling membicarakan di belakangnya. Gw melihat orang2 yg akrab berteman, tapi saling iri di belakang. Orang2 yg sebenarnya menentang, tapi pura2 setuju & bahkan memuji.
Ck,,,ck,, ck,, bikin gw geleng2 kepala.

It doesnt mean that if u dont agree w/ someone then u can create conflict w/ him/her.
Kita tetap bisa bekerja sama dengan baik & saling ramah sesama rekan kerja kok. Tapi ga usahlah sok2 memuji padahal di belakang mengumpat. Sok2 setuju padahal menentang. Sok2 berteman padahal menikam.
Kita justru harus mengembangkan sikap toleran. Di saat kita kurang setuju, ungkapkanlah, meski kita juga harus berlapang dada jika protes kita ga diterima.
Saat kita ga suka dgn seseorang,,,lebih baik menjaga hubungan yg netral ketimbang sok2 berbaik2 padahal saling mengumpat di belakang.

Sekali lg, ini bukan berarti gw ga pernah ngedumel ya. Gw juga pernah merasakan ketidak setujuan. Tapi mngkin krn gw orang yg ekstrovert, ketidak setujuan itu pasti akan langsung nampak. Meski kadang gw ga tll berani u/ secara frontal menentang, setidaknya gw tidak sok memuji padahal menghujat.

Gw menceritakan ini juga bukan berarti kita jadi ga bebas ngobrol2 ma rekan kerja, tho? Seperti semua orang tahu, gw adl orang yg ekstrovert. Semua orang akan lgsg tahu kalo gw lg senang/ sebal. gw juga ga keberatan berbagi cerita kalo melihat cowok ganteng di kantor (kalo dipikir2 lagi,,, emang beneran ada cowok ganteng di kantor ya? hehehe), karena hal itu bukan hal2 krusial yg bisa berbalik spt bumerang bg gw. Ttapi gw sll tahu u/ berhati2 agar rahasia2 plg pribadi gw ga diketaui orang lain. Karena spt gw bilang tadi, gw ga pernah bisa benar2 mempercayakan apapun pada orang lain.

Beda kasus dengan rahasia yg diketahui sahabat2 dekat gw. Gw membiarkan mereka tahu bbrp rahasia gw. Dan sahabat2 gw ini ga sekantor dgn gw,,, gw lebih bisa mempercayai mereka. It's because there are no conflict of interest between us. Selama kami berbeda kantor,,, tidak ada kepentingan bagi mereka u/ menjatuhkan gw & menghancurkan karir gw. Selain itu kepercayaan diantara kami sudah dibangun slma bertahun2.

Apa yg terjadi kalo lo lg pengen banget curhat sesuatu yg sangat pribadi pd seseorang,,, tapi sahabat kepercayaan lo sedang tidak ada? tetap jangan pernah curhat masalah yg sangat pribadi pada teman kerja lo! Percaya deh,,, jangan pernah 100% percaya.
Disinilah kita menemukan arti Tuhan. Disaat ga ada orang yg benar2 bisa kita percaya yg bisa menampung keluh kesah kita,,, bukankah Allah sll ada?
Saat kita curhat dan hanya mendapat pendengar setia,,, Allah tidak hanya bisa mendengar, tapi juga mempertemukan kita pada jalan keluar masalah kita.
Saat bahkan teman kepercayaan bisa menghianati kita & membuka aib kita,,, rahasia kita justru dijaga oleh Allah.

Kata ibu gw, bahakan jangan pernah mempercayakan 100 % pada suami/ istri kita sendiri.
Bercerita pada orang tua, mungkin adalah pilihan yg paling bijak setelah curhat kpd Allah.
Karena orang tua ga akan menhianati kita. Kalo kita salah, mereka langsung ga setuju & segera mengkoreksi. Kalo kita benar, mereka akan memuji dengan tulus.
kalo dipikir2 lagi, ngapain curhat pada orang lain kalo kita punya Allah & orang tua?

PS: ini ga berlaku soal curhatan ttg gebetan ya. Gw lebih suka curhat ttg gebetan ma sahabat gw soalnya. Bokap gw suka senewen kl gw udah mulai ngomongin ttg cowok. Kata beliau "Kalo udah bisa manjat genteng, baru boleh dibawa ke rumah". Hahaha. Bokap gw mulai kena sindrom Bapak2 yg takut kehilangan anak gadisnya. Padahal gw blm pny pacar juga tu =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar