Luna Lovegood inside. Noda Megumi outside.

Senin, 13 September 2010

Gray Salary

Ini topik yg menggelitik pikiran gw akhir2 ini.
"Berapa si gaji lo, Ni?"
" Kerja kok ngoyo2 amat, emang digaji brp?"
"Kerja ga usah rajin2 gitu kalee,,, kaya digaji 100 juta aja"
" Kerja sampe jungkir balik juga naik gajinya ga sampe salto"

Hahaha,,, ini komentar2 aneh mnrt gw.

"Berapa si gaji lo, Ni? " --> emang knp pgn tau.

" Kerja kok ngoyo2 amat,, emang digaji brp?" --> Kerja ngoyo aja gajinya segitu, apalagi kerja males2an.

" kerja ga usah rajin2 gt kalee,,, ky digaji 100 juta aja" --> Mungkin emang skrg blm 100 juta,,, tapi kalo gw males2an kan gaji gw juga cuma sgtu2 aja. Kalo gw rajin kan kali aja suatu hari nanti gaji gw bisa 500 juta (AMIIIIIIINNNNNNN)

" Kerja sampe jungkir balik juga naik gajinya ga sampe salto " --> apalagi kalo kerja sambil leyeh2,, naik gajinya juga tiarap kaleeeee

" Nia rajin banget, naik gajinya brp % si? " --> 100 % pak!!!!!!!! (Amiiiinnnn)

Gw gemes ni denger pertanyaan2 model gini. Knp si kita harus bekerja sesuai dgn bayaran kita? Bukankah lbh baik kita bekerja sesuai dengan seberapa besar kita ingin digaji?
Gw pengen digaji 50 juta,,, jadi gw harus menunjukkan performa orang yg pantas digaji 50 juta. Gw kan anak baru,, blm tau apa2,,, blm bisa berkontribusi banyak jadi belom pantes digaji sebesar itu. Jadi yg bisa gw lakukan hny dgn rajin bekerja, dan terus berusaha memantaskan diri untuk dihargai lebih lagi,,, lebih lagi,,,

Gw yakin kok, pasti akan ada orang yg menghargai kualitas kerja kita,,, kalo tidak skrg ya nanti. InsyaAllah. Kalo ga dihargai manusia, ya akan dihargai Allah.
Contoh, salah satu operator di kantor gw,,, cuma operator, tapi kinerjanya bagus, orangnya rajin, helpfull, rekan sekerjanya menghormati beliau meski mereka seleval (bukan atasan mereka,,, bahkan beliau lebih dihormati teman2nya daripada atasannya sebenarnya). Kenaikan gajinya emang ga sampe salto banget (normal2 aja),, tapi beliau dihargai lebih oleh perusahaan.

Trus, emang kalo gajinya gede itu bagus? Emang kalo gaji gede itu udah berarti berkah?

Gini ya,,, ibu gw sering bilang, "Jangan nikah sama pengacara ya,, gajinya abu2" (maksudnya suka ga jelas halal/ haram). hehehe,,, ibu gw ni paling2 deh.
Trus gw mikir,,, emang yg gajinya abu2 cuma pengacara doang?
Di kantor gw (perusahaan farmasi ni ya) juga ga menutup kemungkinan berpenghasilan abu2.
1. Digaji 8 jam sehari,,, tapi 2 jam dihabiskan dengan makan siang leyeh2.
2. Digaji 8 jam sehari,,, tapi facebookan, ngecekin email2 junk, SMSan & telpon2an mulu.
3. Digaji 8 jam sehari,,, tapi kerja santai2 jadi kerjaan ga selesai,,, trus minta lembur deh.
4. Digaji 8 jam sehari,,, tapi kebanyakan silaturahmi (alias jalan2 & ngerumpi disana-sini).

Bukankah hal2 remeh di atas menyebabkan gaji kita jadi agak2 ga jelas,,, haram atau halal?
Gw juga bukannya ga pernah lunch dengan santai,,, gw juga masih smsan & telp temen & keluarga gw,, gw masih facebookan & ngecek email (tapi ga jam kantor ya),,, gw juga bukannya ga pernah lembur,,, tapi gw sebisa mungkin meminimalkan resiko gaji abu2 itu.
Serem banget ga sih kalo gaji yg kita makan itu haram?

Efeknya bisa panjang tu kalo makan rejeki yg ga berkah:
1. Anaknya jadi bego (bagi yg ngasi makan anaknya pake uang haram) --> trus ga lulus2,, sampe harus nyogok2.
2. Gaji + lemburan gede,, tapi kok rasanya ga cukup2? --> ngutang mulu deh,,, ngutang sana,, ngutang sini,,, untung masih bisa pake kutang.
3. Jadi gampang sakit --> jadi sebanyak apapun gajinya,,, abis buat pengobatan aja.

Jadi gw pikir2 lagi,,, ngapain si orang2 pada heboh ttg berapa persen kenaikan gaji,,, Ttg kalo digaji segitu ya kerjanya segitu2 aja,,, ga usah ngoyo2 amat. Kan kalo kita bekerja dengan baik, insyaAllah rejeki yg kita dapatkan halal & berkah:
1. Anak jadi pinter --> masuk sekolah favorit,, dapet beasiswa lagi, jadi ga usah ngeluarin biaya sekolah.
2. Badan jadi sehat,, ga gampang sakit & uang ga buat bayar dokter mulu.

Beberapa orang yg denger jawaban gw malah bilang:
" Yah, kamu anak baru sih Ni,, jadi masih semangat,,, coba kalo udah kerja 10 tahun,, trus gajinya segitu2 aja,, pasti jadi males juga"

Ini pernyataan menggelitik lainnya.
Udah tau ga puas sama penghargaan perusahaan itu thd kita, knp ga pindah aja ke tempat lain yg bisa menghargai kita lebih?
Atau sebenernya di dalam hati juga ga yakin bahwa bisa dapet perusahaan lain yg bisa menghargai kualitas yg segitu itu dengan lebih besar?
Atau emang sbnrnya dia ga pantes dapet lebih? Karena di perusahaan manapun kualitas segitu itu ya dihargai segitu?
Kalo kita merasa sudah bekerja sangat baik, tapi tidak dihargai sepantasnya,,, ya cari yg lebih baik!
Kenapa terus2an bertahan dianiaya di tempat yg tidak memuaskan jika kita bisa ke tempat yg menghargai kita lebih?

Jadi kalo gw pikir lagi,,, ya sudahlah,, jangan mengeluh mulu knp si? Emang kalo ngeluh trus bisa naik gaji 100%? Knp si tahan berlama2 di tempat yg bikin kita ngeluh terus?
Pindah,,, cari yg lebih baik,,,, Atau kalo merasa kualitas kita emang cuma segitu2nya,,, ya sudah bekerja dengan ikhlas aja,,, bekerja dengan optimal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar