Luna Lovegood inside. Noda Megumi outside.

Senin, 27 September 2010

Being a good listener

Setelah melalui perjalanan panjang pencarian jati diri (lebayyyyy) akhirnya gw menemukan salah satu bakat terpandam gw : MENDENGARKAN.
Belakangan gw baru sadar bahwa gw mempu menyerap lebih banyak informasi & mengingat hal-hal dengan cara mendengarkan.

Menjelang ujian, yang paling penting bagi gw bukanlah menghapal sampai tengah malam, tapi nangkring pagi2 di kampus dan menunggu teman-teman yang lain datang. Teman2 biasa menghapalkan bahan ujian sambil bicara (melafalkan). Jadi gw cukup duduk di hadapan mereka yang sedang menghapal sambil memejamkan mata, dan gw akan hapal bahan ujian scr otomatis. hehehe.

Kalo di kantor ada meeting yang dijadwalkan lewat intranet, biasanya gw bakal pikun dan ga dateng di meeting tersebut. Lain hal kalau gw diundang meeting scr lisan.

Dan gw bisa tahan duduk/ bertelpon ria berjam-jam hanya untuk diam dan mendengarkan curhatan seseorang.
Gw tahan u/ tidak menyela curhatan,,, menunggunya sampai selesai bercerita, br kemudian gw bereaksi (entah kalem atau langsung meledak. hahaha)

Mungkin karena ini beberapa temen jd suka curhat ke gw. Ada beberapa statement mereka yang bikin gw GR dan akhirnya menyadari kelebihan gw ini. Mereka bilang, ga banyak orang yg bisa tahan mendengarkan curhatan dalam waktu lama tanpa bereaksi, dan gw salah satunya. Mereka bilang, kadang2 mereka ga butuh solusi saat curhat,,, mereka cuma butuh didengar. Hmm,, ini ilmu baru buat gw.

Nah, gw pribadi menikmati kegiatan melacur ini (melakukan-curhat-curhatan).
Dengan mendengarkan sekian banyak permasalahan manusia, sbnrnya gw jadi belajar juga. Nggak jarang, temen2 gw ini sebenernya udah tahu solusi atas masalah mereka sendiri, dan mereka cuma butuh tempat untuk melampiaskan uneg2 & marah2. Jd sebenernya saat gw mendengarkan curhatan & omelan mereka, gw sekaligus mempelajari jalan keluar yg mereka pilih dari masalah mereka masing2. Dan hal ini sangat memperluas wawasan gw.

Sayangnya, ada nggak enaknya juga kalo udah terlanjur dicap sebagai pendengar yang baik.
Kadang saat kita butuh didengar, malah ada temen yg dateng/ telpon buat curhat. Yg tadinya gw pengen marah2in orang, malah jadi dengerin omelan orang.

Trus kadang gw curhat sama orang yg salah,,, entah tu orang ember & menyebarluaskan masalah gw,,, atau tu orang tll heboh sampe sll memotong kata2 gw & bereaksi thd setiap kata yg gw ucapkan. Jatohnya, gw bukannya curhat, malah dengerin nasehat2 panjang lebar yg sebenernya gw udah tahu.
Even a good listener need to be listened too, rite?

Nggak enaknya lagi, kalo ada temen yg pengen curhat sementara mood gw sndri lg jelek.
Kasus lain, waktu ada cowok yg gw taksir malah curhat ke gw ttg gebetan barunya. Eeerrrggghhhh,,,, sakeeettt hateeeee.

Yah, gitu deh. Jadi ada enak & ga enaknya juga jd pendengar yg baik.
Tapi bagi gw, ini adalah bakat yg ga dimiliki semua orang. Dan gw hrs mempertahankannya.
Kalo dipikir2 lagi, sbnrnya Allah memediasi keinginan gw dgn memberikan berkah ini kpd gw,,, untuk menjadi lebih berguna bagi sebanyak2 umat,,, setidaknya bagi teman2 terdekat gw dulu.

Ya Allah,,, smg saya bisa terus mjd pendengar yg baik. Amiiiinnn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar