Luna Lovegood inside. Noda Megumi outside.

Senin, 13 September 2010

IKHLAS / PASRAH

Note ini terinspirasi gara2 gw sering denger berita2 ttg perseteruan Indonesia  dgn Malaysia.

Sbnrnya ikhlas itu apa si?
Gw pernah dgr beberapa pernyataan: "Udahlah, ikhlasin aja,, ga usah diributin. Maafin aja"
Tp kok gw ga bisa menerima nasehat spt itu ya?

Katanya kalau seseorang menyakiti kita & kita mengikhlaskannya, akan lebih baik bagi kita.
Tapi sebenernya apa si arti kata "ikhlas" itu?
Apakah ikhlas berarti bahwa kita diam saja jika disakiti?
Apakah dengan memafkan semua masalah selesai? Dan penjahat tidak perlu dihukum?

Kadang gw merasa ada kesalahan persepsi antara pasrah & ikhlas.
Sikap tidak membela diri (padahal benar), membiarkan hak dirampas orang lain, dan memaafkan tanpa memberi tahu kesalahan orang tsb,,, mnr gw itu lbh pantas disebut pasrah,,, sikap pengecut.

Mnr gw pribadi, setiap yg salah harus dihukum,, setidaknya hrs diberi peringatan.
Setiap hak yg dirampas hrs diambil kembali.
Setiap yg benar harus dibela.
Setiap hak hrs diperjuangkan. Bahkan rejeki hrs diperjuangkan (tidak menunggu turun dari langit)
Dan setelah semua hak diperjuangkan & kewajiban dilakukan,,, barulah bisa dikatakan "ikhlas" dan mulai saling memafkan.

Apa dosa pencuri bisa diampuni jika barang curian blm dikembalikan?
Apa koruptor bisa seenaknya dibebaskan tanpa mengambilkan uang yg dikorupsinya?
Apa penjajah bisa dimaafkan sebelum kemerdekaan diperjuangkan?
Apa itu namanya "ikhlas" dengan kemiskinan sebelum berusaha memperbaikinya?

Kalau semua hal diakhiri dgn kata "ikhlas" yg salah kaprah itu, bgmna Indonesia mau merdeka?
Apa "ikhlas" artinya Palestina tidak memperjuangkan tanahnya yg diambil Israel?
Apa "ikhlas" artinya memafkan tanpa memberitahu bahwa orang itu bersalah?

Jadi bagaimana perasaan gw saat melihat konflik Indonesia-malaysia belakangan ini? Geregetan,, mungkin itu kata yg tepat mengungkapkan perasaan gw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar