Luna Lovegood inside. Noda Megumi outside.

Senin, 13 September 2010

IKATAN ILMUWAN INDONESIA INTERNASIONAL

Menonton talkshow Kick Andy (06.12.2009) bikin gw miris. Betapa banyak anak bangsa berbakat yang sukses di tempat2 strategis di seluruh dunia yang ga dihargai bangsanya sendiri.
"Apakah anda berniat kembali ke Indonesia dan membangun bangsa?" tanya Andy.
"Errrr,,,,,, "
"Saya jadi mempertanyakan nasionalisme Anda?"

Well, gw si mikir itu reaksi wajar. Buat apa balik ke Indo kalo ilmu mereka disni ga bermanfaat? Bukankah manusia yg baik adalah yang bermanfaat bagi sebanyak2 manusia? Nah kalo di LN mereka lbh bermanfaat, bukankah mereka memang lbh baik disana.

Kita ga bisa serta merta menuduh mereka ga cinta tanah air hanya karena mereka ga bekerja di Indonesia.
Apa sih artinya cinta kalo ga bisa hidup?
Emang hidup cuma makan cinta? Uang emang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang kan? Ga munafik deh.

Menurut gw, mereka menunjukkan kecintaannya pada tanah air dengan cara mereka sendiri.
Mereka berprestasi di negeri orang dan tetap mempertahankan status kewarganegaraan Indonesia mereka, shg orang lain akan tahu bahwa manusia brilian itu milik Indonesia.
Gw rasa bentuk cinta yg spt itu lbh konkrit. Cinta kan ga cuma butuh kata2 (omong doang itu si namanya), tapi juga dibuktikan dengan perbuatan.

Well, ini mah sekilas curhat gw aja. Betapa kagumnya gw melihat orang2 cerdas itu,,, dan betapa sedihnya gw melihat betapa mereka kurang dihargai di Indonesia, dibandingkan koruptor2 brengsek itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar