Luna Lovegood inside. Noda Megumi outside.

Senin, 13 September 2010

Bias Persepsi

Pelajaran moral no. 5 hari ini: Jangan pernah percaya pada siapapun! Bahkan pada teman dekat lo sekalipun yg lo pikir sangat memahami lo.
Kenyataannya, ga ada satupun orang di dunia yg benar2 bisa memahami diri lo.
Itu berarti kalo lo ngomong sesuatu, bisa berarti bahakan orang yg paling mengerti lo sekalipun bisa tetap salah paham.

Kasus 1:
Gw : "Bilang tu ma temen lo, kalo naksir ma gw lgsg bilang sama gw dong,,, nitip2 salam doang beraninya."
Trus temen gw itu menyampaikan ke temennya cowok yg gw taksir (dan gw hampir yakin 90% itu cowok juga naksir gw) --> tapi apa yg dipahami cowok itu? Dia pikir gw ga suka dia mendekati gw!!!! Jadi dia mundur & ga deketin gw lg. Padahal gw kan juga naksir ma diaaaa!!!!!!

Kasus 2:
Gw nanya ke orang 1 ttg seseorang. Gw nanya hal yg sama ke orang ke2. Orang pertama & orang kedua itu menyampaikan ke orang ketiga. Orang ketiga menyampaikan ke orang yg gw maksud itu. Tapi yg dipahami orang tersebut justru menimbulkan konflik. Gw langsung bingung,,, sbnrnya apa yg salah dg kata2 pertanyaan gw & nada bicara gw si?

Jadi, gw belajar satu hal penting hari ini.
jangan mempercayakan apapun pada siapapun. Dan jangan menitipkan pesan apapun kepada siapapun. Karena kalo udah lewat beberapa telinga & beberapa mulut,,, persepsinya bisa berubah 180 derajat.
Ampuuuunnnn dehhhhhhh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar